Friday, October 3, 2008

Diriku Jilbabku

Jilbab merupakan adalah kain penutup kepala dan rambut yang wajib dipakai oleh wanita muslim. Di negara-negara asia khususnya asia tenggara termasuk indonesia jilbab bukan merupakan sesuatu yang tabu, setiap wanita muslim bebas untuk menggunakan jilbab, berbeda dengan kondisi di negara-negara luar seperti di negara-negara amerika dan eropa jilbab merupakan suatuatu yang tabu. Wanita muslim berjilbab menjadi kelompok minoritas negara-negara tersebut.
Jaman dahulu biasanya jilbab hanya digunakan oleh para wanita yang berlatar belakang sangatagamais, contohnya, berlatar belakang sekolah islam seperti pesantren. Banyak faktor yang melatarbelakangi kurangnya keinginan para muslimah pada waktu itu untuk segera memakai jilbab karena sesungguhnya tidak mudah bagi mereka ketika harus memantapkan niat untuk berjilbab. Selain karena kondisi lingkungan sosial yang kurang mendukung, pemahaman calon pemakai sendiri tentang jilbab juga mempengaruhi pengambilan keputusan itu, misalnya takut tidak bisa mempertahankan atau mendapat pekerjaan, tidak diijinkan oleh orang tua, tidak dapat segera memperoleh jodoh, kurang luwes dalam pergaulan atau masih banyak lagi alasan-alasan lainnya yang menghantui pikiran mereka. Model dan gaya busana muslim ketika itu pun juga tidak banyak diminati oleh kaum perempuan, terutama para remaja putri. Pakaian itu terkesan monoton, tidak praktis, tidak fleksibel, tidak modis, kampungan dan kurang bisa menampilkan kepercayaan diri pemakainya, itulah kira-kira kesan sosial yang dikhawatirkan.

Tapi diluar perkiraan, ternyata sekarang di indonesia bisa dikatakan sebagian penduduk wanitanya menggunakan jilbab bagi yang muslim. Karna pemakaian jilbab sendiri sekarang sudah menjadi sesuatu yang sangat-sangat bisa diterima, yang saya mxsdkan adalah untuk keberadaannya, sebagai contoh daam hal pekerjaan. perusahaan–perusahaan dalam negeri maupun asing sekarang sudah memperbolehkan karyawannya untuk menggunakna jilbab, yah walaupun masih saja ada beberapa perusahaan yang menganut paham anti jilbab. Begitupun dengan perkebangan didunia mode, beragam gaya dan model busana muslim semakin berkibar. Toko-toko khusus busana muslim semakin mudah dijumpai. Keadaan ini semakin memanjakan para muslimah untuk tampil lebih modis, cantik dan modern. Yang tak kalah menariknya adalah model jilbab zaman sekarang. Warna, corak, bahan dan motifnya sudah sangat bervariasi.

Jadi untuk para wanita muslim yang sudah mempunyai niat untuk menggunakan jilbab jangan takut untuk berkomitmen dengan jilbab,,bahwasanya jilbab merupakan hal yang wajib bagi para wanita muslim =)

2 comments:

Mita Qhuqwayz said...

doakanlah agar saya segera mendapat hidayah seperti anda, hehehehe...^_^

ErIn's Blog said...

"doakanlah agar saya segera mendapat hidayah seperti anda, hehehehe...^_^"

Pasti didoakan sdr mita,,huhu
amiiiiiiiiiiiiin